10 Ide Bisnis Yang Patut Anda Coba

10 Ide Bisnis Yang Patut Anda Coba – Disadari atau tidak, dunia bisnis kini merupakan ladang yang sangat subur, dan semakin banyak kelompok yang melihatnya sebagai cara untuk menghasilkan uang. Saya pribadi suka mengikuti kesibukan tren bisnis kreatif saat ini, karena hampir semua bisnis kreatif ini bisa dengan mudah ditemukan di jejaring sosial internet.

10 Ide Bisnis Yang Patut Anda Coba

Sumber : bisnisukm.com

nocompromise – Contoh sederhana dari bisnis kreatif yang bisa sangat menguntungkan adalah membuat pisang goreng dan menambahkan berbagai macam topping atau bumbu. Praktik membuktikan bahwa konsep bisnis kreatif ini berhasil memusnahkan konsumen di kota-kota besar yang puas dengan makanan praktis dan fast food.

Bagi yang ingin menjadi wirausaha, perlu meriset Ide Bisnis kreatif lebih dalam lagi agar bisa menarik perhatian pasar. Bayangkan jika ayam giling bisa laku dan bisa dijual di ratusan toko, itu artinya yang dibutuhkan adalah kreativitas untuk memadukan produk dan bisnis. Sebagai referensi, Anda bisa mengecek 10 ide bisnis kreatif berikut yang di kutip dari glints.com .

1. Beautypreneur

Sumber : involve.cewekbanget.id

Pernahkah Anda mendengar tentang profesi ini? Dengan semakin banyaknya gadis yang pandai merias wajah, permintaan akan alat rias dan informasi tentang kecantikan pun semakin meningkat.

Pengusaha di bidang kecantikan dengan cepat membaca dan memanfaatkan kesempatan ini untuk lebih fokus pada bidangnya. Bisnis Kreatif ini banyak menghasilkan kosmetik dan produk perawatan lokal yang memiliki penggemar sendiri.

Anda bisa mengembangkan bisnis kreatif di industri kecantikan dengan menjual berbagai alat rias (seperti kuas, cairan dan alat pembersih), bahkan menata rak akrilik untuk kosmetik.

Hanya bermodal kreatif dan tidak lebih dari 25 juta rupiah, beautypreneur sudah bisa memiliki brand produk kecantikan sendiri yang legal dan berkualitas.

Baca juga : Sidang Pemakzulan Trump Segera Di Mulai, DPR Resmi Kirimkan Artikel Pemakzulan Ke Senat

2. Crafters / Perajin

Sumber : kbr.id

Bisnis kreatif juga bisa dimulai dengan kepekaan Anda terhadap kebutuhan sederhana yang digunakan banyak orang, seperti kartu ucapan, amplop, sarung bantal, taplak meja, bahkan set galon di rumah. Bagi yang jago desain dan cukup sabar dengan detail, Anda juga bisa memilih bisnis kreatif ini, karena selalu ada sebagian orang yang tertarik membeli untuk melengkapi kado atau menggunakannya sendiri.

Biasanya proses batch sudah memiliki standar tersendiri untuk model proses yang akan diproduksi. Upgrade desain produk biasanya dilakukan sesuai dengan trend pasar dalam kurun waktu tertentu. Pedagang kerajinan besar biasanya memiliki modal yang banyak dan di dukung dengan berbagai mesin presisi, dengan tujuan untuk selalu meningkatkan nilai jual dan keuntungan.

Pada saat yang sama, industri kerajinan mandiri biasanya menemukan keseimbangan antara idealisme dan kebutuhan akan keuntungan. Pengrajin mandiri biasanya suka menjahit kerajinan dengan konsep pribadi sesuai gaya pengrajin dan kebutuhan pelanggan. Biasanya memilih bahan baku sesuka hati dengan tetap menjaga kualitas. Selain itu, usaha kerajinan mandiri juga memiliki keahlian tersendiri dalam pemasaran produk.

Media sosial dapat menjadi media efektif yang dapat digunakan untuk mempromosikan kerajinan tangan. Tidak perlu menggunakan semua media sosial sekaligus, cukup gunakan beberapa media sosial untuk memantau dan memperbarui secara berkala. Secara umum, halaman Instagram dan Facebook adalah alat promosi yang tepat.

3. Florist

Sumber : abcnews.go.com

Apakah kamu suka bunga? Atau apakah Anda suka rangkaian bunga? Lalu, apakah Anda masih menganggapnya sebagai profesi Anda? Membuka bisnis toko bunga akan memungkinkan Anda mencapai semua ini.

Saat ini bisnis toko bunga merupakan bisnis yang sangat menjanjikan terutama di kota-kota besar.

Permintaan karangan bunga yang tinggi membuat bisnis toko bunga menjanjikan.

Selain itu, permintaan karangan bunga segar juga lebih disukai daripada bunga buatan.

Nah, bagi yang ingin memulai bisnis ini, kami akan memberikan keterampilan persiapan yang diperlukan demi keberhasilan bisnis toko bunga.

Cara Memulai Usaha Toko Bunga : Oleh karena itu, bagi yang berminat untuk memulai bisnis toko bunga, harap memperhatikan tata cara pembukaan bisnis toko bunga berikut ini untuk memastikan kesuksesan bisnis toko bunga Anda.

Menentukan Lokasi Usaha Toko Bunga : Menentukan di mana Anda akan membuka usaha florist adalah hal yang pertama. Anda harus memilih lokasi yang strategis agar konsumen dapat dengan mudah menemukan toko bunga Anda. Misalnya di tempat-tempat sibuk, seperti jalan raya, dekat pusat kota, atau dekat universitas. Ini akan memungkinkan orang yang lewat untuk melihat bunga yang ingin Anda perlihatkan. Berbagai acara seperti wisuda, pernikahan dan seminar diadakan di pusat kota dan dekat universitas yang tentunya bisa menjadi target market Anda.

Siapkan Modal Usaha Toko Bunga : Mempersiapkan dana atau anggaran untuk memulai usaha sangatlah penting, dan biasanya menjadi hantu menakutkan bagi para pebisnis yang memulai usaha toko bunga. Oleh karena itu, perlu dibuat suatu perencanaan anggaran untuk mempermudah penghitungan, mulai dari kebutuhan persiapan, keuntungan, dan perkembangan usaha ke depan. Maka dari itu, bagi yang masih statis dan baru memulai bisnis toko bunga bisa memulainya dengan modal yang kecil. Diperkirakan hanya dengan dana satu juta rupiah yang bisa membuka usaha toko bunga.

Tentunya berhubung modalnya tidak terlalu besar, Anda harus lebih kreatif dalam mengembangkan bisnis Anda.

4. Personal Shopper

Sumber : newyorker.com

Sebelumnya saya tidak menyangka Personal Shopper memiliki banyak penggemar, namun ternyata bisnis kreatif ini berkembang dan pelanggannya datang dari berbagai bidang. Melalui bisnis kreatif ini, Anda dapat membantu orang-orang di sekitar Anda mendapatkan barang-barang yang Anda butuhkan tanpa harus keluar rumah, macet, dan tidak menemukan toko pakaian yang ingin Anda beli.

Banyak pembeli perorangan juga memberikan jasa untuk pembelian barang yang hanya dijual di luar negeri.Bagi yang suka travelling, filosofi bisnis inovatif ini bisa digunakan untuk menambah uang jajan lokal.

Pembelanja individu mengacu pada profesi yang membantu orang lain untuk berbelanja sesuai dengan keinginan mereka sendiri dengan menggunakan jasa pembeli orang lain. Fokus mereka biasanya membeli pakaian seperti kemeja, kemeja, celana, gaun atau aksesoris seperti tas, sepatu dan aksesoris lainnya.

5. Jasa Dekorasi Kue

Sumber : facebook.com

Untuk hajatan pernikahan, ulang tahun, anak atau rumah baru syukuran, hampir setiap hajatan pasti dilengkapi dengan kue. Bagi yang berbakat dalam dekorasi kue dan memiliki kesabaran untuk membuat detail yang unik dan menarik, ide bisnis dekorasi kue yang kreatif patut untuk dicoba.

Jika Anda ahli dalam mendekorasi kue palsu yang biasa digunakan di acara pernikahan, Anda tidak hanya bisa menghias kuenya, tetapi juga mendapatkan manfaat yang lebih besar. Kue ini tidak dibuat dengan bahan yang bisa dimakan, tapi detail dan keindahan kue menjadi alasan harga melonjak.

6. Blogger

Sumber : blogger.com

Ada banyak peluang untuk mendapatkan penghasilan dari ledakan Internet. Menjadi seorang blogger profesional adalah salah satu cara untuk memenangkan sensasi moderat.

Di era Internet ini, manusia tidak dapat hidup tanpa gadget dan Internet. Kini, keduanya sudah menjadi bagian dari kebutuhan hidup, seperti sandang dan pangan. Dengan bantuan internet, Amazon, Google, dan Facebook, pendiri Microsoft juga telah menjelma menjadi raksasa digital dengan pendapatan tahunan puluhan miliar dolar.

Meski begitu, konsumen kita masih memiliki peluang untuk menghasilkan uang dari Internet. Antara lain dengan memiliki blog sendiri maka konten blognya didasarkan pada segmen audiens tertentu baik berupa informasi maupun artikel, baik berupa artikel hobby, memasak maupun tips keuangan.

Anda menghasilkan uang dengan menjadi blogger (yaitu, mengelola blog pribadi). Bagi yang suka menulis dan berbagi informasi dengan banyak orang, tentunya ini merupakan kegiatan yang sangat menarik, karena Anda bisa melakukan hobi sendiri sekaligus menghasilkan uang. Keuntungan menjadi blog adalah memiliki jam kerja gratis karena bisa bekerja kapan saja dan dimana saja tanpa dibatasi jam kerja.

Perlu Anda ketahui bahwa blogger bisa menjadi karir yang bisa menghasilkan banyak rupiah bagi Anda. Bahkan di masa-masa awal, Anda harus berusaha lebih keras untuk membangun blog, tetapi jika blog Anda dikenal luas dan dikunjungi banyak orang, Anda bisa mendapatkan jutaan rupiah. Ada banyak pertanyaan tentang sumber uang Anda sebagai blogger.

Baca juga : 10 Permasalahan Ekonomi Pada Bisnis

7. Katering Sehat

Sumber : lifepal.co.id

Saat ini, seiring banyaknya masyarakat yang berlomba-lomba menerapkan pola hidup sehat, permintaan akan makanan sehat pun semakin meningkat. Di kota-kota besar, bisnis catering yang sehat akan menarik banyak penggemarnya, tentunya ini menjadi peluang yang sangat besar bagi mereka yang akan membangun bisnis.

Pekerjaan harian yang padat harus diimbangi dengan nutrisi seimbang yang dikonsumsi setiap hari. Berdasarkan tuntutan akan hidup sehat, industri katering juga membuka peluang bisnis yang inovatif.

Sadarilah bahwa setidaknya satu teman di kantor Anda pasti sudah beralih ke menu diet sehat untuk makan siang. Jika Anda melakukannya, maka bisnis kreatif ini juga akan menguntungkan, karena peminatnya semakin banyak, dan jasa pengiriman juga memberikan kemudahan untuknya.

Tahukah Anda, selain menjanjikan, bisnis ini juga bisa dijadikan sebagai usaha sampingan. Namun, membangunnya tentu tidak semudah dijual kembali. Ada banyak proses dan metode serta persiapan matang untuk mendirikan bisnis ini.

8. Party Planner

Sumber : eventsbysi.com

Bisnis kreatif lain yang muncul adalah perencana pesta. Bisnis kreatif ini akan membantu mereka yang ingin mengadakan baby shower, bridal shower, dan perayaan ulang tahun untuk teman atau keluarga. Sekilas terlihat sangat menarik karena menangani gadget lucu yang akan ditempatkan di venue, seperti balon, bunga, dan makanan penutup yang cantik.

Namun, bisnis kreatif semacam ini juga menghadapi tantangan yang cukup berat, karena harus mampu memenuhi kebutuhan pelanggan dengan konsep yang terkadang tidak terduga. Meski begitu, ide bisnis kreatif ini tetap diminati banyak anak muda!

9. Makeup Artist

Sumber : ogleschool.edu

Industri makeup artist atau yang biasa dikenal dengan MUA memang sedang menjadi trend para milenial saat ini. Industri yang dulunya identik dengan tata rias salon telah banyak berkembang di masyarakat.

Hal tersebut berdasarkan temuan Holmes Report yang menunjukkan bahwa karya kreatif cocok untuk kaum milenial. Penata rias dianggap cocok untuk kaum milenial karena menunjukkan kreativitasnya.

Dengan skill makeup artist tidak lagi hanya sekedar hobi atau pekerjaan sampingan. Banyak kaum milenial menjadikan MUA sebagai pekerjaan tetap.

Direktur Sekolah Rias Manekin.id dan Direktur Kurikulum Kim mengatakan bahwa tidak ada batasan pendapatan untuk profesi penata rias. Semakin lama waktu penerbangan MUA, semakin besar pula pendapatan yang dihasilkan.

“Dengan berkembangnya industri kreatif berdampak pada industri makeup artist, dan dengan pangsa pasar yang begitu besar, industri ini dapat menjadi tumpuan pendapatan bagi siapa saja, termasuk kaum milenial.

Selain itu, industri kreatif saat ini terus berkembang dan mulai merambah ke dunia digital melalui media sosial seperti Facebook, Instagram dan Youtube yang menjadikan industri ini sebagai kebutuhan.

10. Vendor Fotografi

Sumber : weddingmarket.com

Sebagai pelengkap bisnis kreatif terkait pesta hajatan, mereka yang hobi fotografi juga bisa membuka usaha fotografer profesional. Bagi mereka yang sudah lama bergabung dengan komunitas dan mempelajari fotografi, membuka usaha kreatif pemasok fotografi adalah peluang yang sangat besar. Sama seperti peran catering dan MUA dalam acara, dokumentasi juga menjadi elemen penting. Pasalnya, calon pengantin memilih lokasi di luar kota atau di luar negeri, mereka menyebutnya sesi foto pre wedding dengan bujet puluhan juta rupiah.

Supplier fotografi terpercaya pasti akan mendapatkan keuntungan, karena selain biaya sesi foto, pelanggan juga harus mempertimbangkan kondisi akomodasi tim foto, terlepas dari apakah sudah termasuk biaya sesi foto.

shares