Arti Dari Bitcoin Serta Perkembangan Dari Tahun Ke Tahun

www.nocompromise.orgArti Dari Bitcoin Serta Perkembangan Dari Tahun Ke Tahun.Bitcoin ialah cryptocurrency yang dijumpai pada tahun 2008 oleh orang atau sekelompok orang yang tidak disebut mengangkut nama Satoshi Nakamoto. Mata uang ini mulai digunakan pada tahun 2009 saat implementasinya diluncurkan sebagai perangkat lunak sumber terbuka.

Bitcoin adalah mata uang digital terdesentralisasi, tanpa bank sentral atau administrator tunggal, yang

bisa dikirim dari pengguna ke pengguna di jaringan bitcoin peer- to- peer tanpa membutuhkan perantara. Transaksi disetujui oleh node jaringan lewat kriptografi dan ditulis dalam buku besar yang didistribusikan publik yang disebut blockchain. Bitcoin dibikin sebagai hadiah untuk terciptanya yang disebut sebagai penambangan. Mereka bisa ditukar dengan mata uang, produk, dan layanan lain. Penelitian yang diproduksi oleh University of Cambridge memperkirakan kalau pada tahun 2017, ada 2, 9 sampai 5, 8 juta pengguna unik yang mengusung dompet cryptocurrency, kebanyakan dari mereka mengusung bitcoin.

Bitcoin sudah dikritik mengingat penggunaannya dalam transaksi dilarang, beberapa besar listrik yang dipakai oleh penambang, volatilitas banderol, dan pencurian dari pasar. Rujukan? Sebagian ekonom, salah satunya adalah sebagian juara Nobel, sudah mencirikannya sebagai gelembung spekulatif di banyak saat. Dan juga Bitcoin sudah dipakai sebagai investasi, walaupun sebagian badan pengatur sudah menghabiskan peringatan investor soal bitcoin.

Penciptaan

Bitcoin telah didaftarkan pada 18 Agustus 2008. Pada 31 Oktober 2008, tautan ke makalah yang ditulis oleh Satoshi Nakamoto berjudul Bitcoin: Sistem Uang Elektronik Peer- to- Peer telah diposting ke milis kriptografi. Nakamoto mengimplementasikan perangkat lunak bitcoin sebagai kode sumber terbuka dan merilisnya pada Musim dingin 2009. Identitas Nakamoto masih belum diketahui.

Baca Juga: Fakta Unik di Negara Ini Bikin Geleng Kepala

Pada 3 Musim dingin 2009, jaringan bitcoin dibikin saat Nakamoto menambang blok awal rantai, yang disebut sebagai blok genesis. Tertanam di coinbase blok ini ialah teks” The Times 03/ Jan/ 2009 Chancellor di ambang bailout dua untuk bank”. Rekor ini merujuk pada tajuk inti yang diterbitkan oleh The Times dan sudah ditafsirkan sebagai stempel saat dan pernyataan soal ketidakstabilan yang dipicu oleh perbankan pelapis fraksional.

Penerima transaksi bitcoin pertama ialah cypherpunk Urusan Finney, yang sudah mencatatkan pola bukti kerja yang bisa dipakai kembali( RPoW) pada tahun 2004. Finney mengunduh perangkat lunak bitcoin pada tanggal rilisnya, dan pada 12 Musim dingin 2009 menyambut sepuluh bitcoin dari Nakamoto. Pendukung cypherpunk awal yang lain ialah pencipta pendahulu bitcoin: Wei Dai, pencipta b- money, dan Nick Szabo, pencipta bit gold. Pada tahun 2010, transaksi komersial pertama yang disadari mengusung bitcoin terjadi saat programmer Laszlo Hanyecz merekrut kedua pizza Papa John senilai 10. 000.

Analis Blockchain memperkirakan kalau Nakamoto sudah menambang sekitar satu juta bitcoin sebelum menghilang pada tahun 2010 saat dirinya menyerahkan kunci peringatan jaringan dan kontrol dari repositori kode ke Gavin Andresen. Andresen lantas sebagai developer inti di Bitcoin Foundation. Andresen lantas berupaya mendesentralisasikan kendali. Ini pergi dari kesempatan kontroversi untuk berkembang di trek pengembangan bitcoin di sejarah depan, tidak sama dengan otoritas yang didapatkan dari sumbangsih Nakamoto.

2011–2012

Sesudah transaksi awal” bukti konsep”, pengguna inti bitcoin pertama ialah pasar gelap, layaknya Silk Road. Sejauh 30 bulan keberadaannya, mulai Februari 2011, Silk Road secara eksklusif menyambut bitcoin sebagai pembayaran, bertransaksi dengan 9, 9 juta dalam bitcoin, sebesar sekitar$ 214 juta.

Pada tahun 2011, banderol mulai dari$ 0, 30 per bitcoin, tumbuh sebagai$ 5, 27 untuk tahun tersebut. Nilainya naik sebagai$ 31, 50 pada 8 Juni. Dalam satu bulan, banderol bermain sebagai$ 11. 00. Bulan selanjutnya bermain sebagai$ 7, 80, dan bulan selanjutnya sebagai$ 4, 77.

Pada tahun 2012, banderol bitcoin mulai dari$ 5, 27, tumbuh sebagai$ 13, 30 untuk tahun tersebut. Pada 9 Musim dingin, banderol sudah naik sebagai$ 7, 38, namun lantas jatuh senilai 49% sebagai$ 3, 80 sejauh 16 hari selanjutnya. Banderol lantas naik sebagai$ 16, 41 pada 17 Agustus, namun bermain 57% sebagai$ 7, 10 sejauh tiga hari selanjutnya.

Bitcoin Foundation dibentuk pada September 2012 untuk mempromosikan pengembangan dan pemakaian bitcoin.

Pada 1 November 2011, implementasi referensi Bitcoin- Qt versi 0. 5. 0 diluncurkan. Ini memperkenalkan ujung depan yang mengangkut toolkit antarmuka pengguna Qt. Perangkat lunak ini sebelumnya mengangkut Berkeley DB untuk manajemen basis data. Pengembang beralih ke LevelDB di rilis 0. 8 untuk mengurangi saat sinkronisasi blockchain. Rujukan? Pembaruan untuk rilis ini menghasilkan garpu blockchain kecil pada 11 Maret 2013. Garpu tersebut diselesaikan tak lama kemudian. rujukan? Pembibitan node melalui IRC dihentikan di versi 0. 8. 2. Dari versi 0. 9. 0 perangkat lunak diubah namanya sebagai Bitcoin Core. Banderol transaksi diturunkan lagi dengan kunci sepuluh sebagai sarana untuk mendorong transaksi mikro. kutipan diperlukan Meskipun Bitcoin Core tidak mengangkut OpenSSL untuk pengoperasian jaringan, perangkat lunak tersebut mengangkut OpenSSL untuk panggilan prosedur terpaut jauh. Versi 0. 9. 1 diluncurkan untuk menghilangkan kerentanan jaringan pada bug Heartbleed.

2013–2016

Pada 2013, banderol mulai dari$ 13, 30 naik sebagai$ 770 pada 1 Musim dingin 2014.

Pada bulan Maret 2013, blockchain untuk sementara dipecah sebagai kedua rantai independen dengan aturan tidak sama mengingat adanya bug pada perangkat lunak bitcoin versi 0. 8. Dua blockchain beroperasi secara bersamaan sejauh enam jam, masing- masing dengan versi riwayat transaksinya sendiri semenjak saat pemisahan. Operasi normal dipulihkan saat sebagian besar jaringan diturunkan ke versi 0. 7 dari perangkat lunak bitcoin, membuat keputusan versi blockchain yang kompatibel ke pertahanan. Hasilnya, blockchain ini sebagai rantai terpanjang dan bisa diterima oleh seluruh kontestan, terlepas dari versi perangkat lunak bitcoin mereka. Sejauh perpecahan, Mt. Pertukaran Gox secara singkat menyetop setoran bitcoin dan banderol bermain 23% sebagai$ 37 sebelum pulih ke tingkat dulunya sekitar$ 48 pada jam- jam selanjutnya.

Jaringan Penegakan Kejahatan Finansial AS( FinCEN) menentukan pedoman peraturan untuk” mata uang virtual terdesentralisasi” layaknya bitcoin, mengklasifikasikan penambang bitcoin Amerika yang melepas bitcoin yang dihasilkan sebagai Bisnis Layanan Uang( MSB), yang tunduk pada proses mendaftar atau tuntutan hukum yang lain.

Pada bulan April, pertukaran BitInstant dan Mt. Gox mengalami penundaan pemrosesan karena kapasitas yang tidak mencukupi yang mengakibatkan banderol bitcoin tampil dari$ 266 sebagai$ 76 sebelum kembali ke$ 160 dalam saat enam jam. Banderol bitcoin naik sebagai$ 259 pada 10 April, akan tetapi kemudian jatuh 83% sebagai$ 45 sejauh tiga hari berikutnya.

Pada tanggal 15 Mei 2013, otoritas AS menyita akun yang terkait dengan Mt. Gox setelah mengetahui itu tidak terdaftar sebagai pengirim uang dengan FinCEN di AS. Pada 23 Juni 2013, Administrasi Penegakan Narkoba AS mencantumkan 11, 02 sebagai aset yang disita dalam pemberitahuan penyitaan Departemen Kehakiman Amerika Serikat tepat dengan 21 U. S. C.§ 881. Ini menandai pertama kalinya badan pemerintah menyita bitcoin. FBI menyita sekitar 30. 000 pada Oktober 2013 dari situs web gelap Silk Road, menyusul penangkapan Ross William Ulbricht. Bitcoin ini dijual pada lelang buta oleh Layanan Marshals Amerika Serikat pada investor modal ventura, Skuat Draper. Banderol Bitcoin naik sebagai$ 755 pada 19 November dan jatuh 50% sebagai$ 378 pada hari yang sama. Pada 30 November 2013, banderol mencapai$ 1. 163 sebelum memulai kehancuran jangka panjang, tampil 87% sebagai$ 152 pada Musim dingin 2015.

Pada 5 Desember 2013, Bank Rakyat Tiongkok melarang lembaga keuangan Tiongkok mengangkut bitcoin. Setelah pengumuman, harga bitcoin tampil, dan Baidu tidak lagi menjamu bitcoin untuk layanan tertentu. Mendatangkan barang dunia nyata dengan mata uang virtual apa juga telah ilegal di China sering tak sejak 2009.

Pada tahun 2014, banderol mulai dari$ 770 dan tampil sebagai$ 314 untuk tahun tersebut. Pada tanggal 30 Juli 2014, Wikimedia Foundation mulai menjamu sumbangan bitcoin.

Pada 2015, banderol mulai dari$ 314 dan naik sebagai$ 434 untuk tahun tersebut. Pada 2016, banderol naik dan naik sampai$ 998 pada 1 Musim dingin 2017.

Rilis 0. 10 dari perangkat lunak tersebut dipublikasikan pada 16 Februari 2015. Ini memperkenalkan perpustakaan konsensus yang memberi pemrogram akses mudah ke aturan yang mengatur konsensus di jaringan. Dalam versi 0. 11. 2, pengembang menambahkan fitur baru yang memungkinkan transaksi dibikin tidak mampu dihabiskan lolos saat tertentu di sejarah mendatang. Bitcoin Core 0. 12. 1 diluncurkan pada 15 April 2016, dan memungkinkan sebagian soft fork keluar secara bersamaan. Sekitar 100 kontributor mengerjakan Bitcoin Core 0. 13. 0 yang diluncurkan pada 23 Agustus 2016.

Pada Juli 2016, soft fork CheckSequenceVerify diaktifkan.

Pada bulan Oktober 2016, rilis 0. 13. 1 Bitcoin Core memperlihatkan soft fork” Segwit” yang mencakup perkembangan penskalaan yang dimaksudkan untuk memaksimalkan pemblokiran bitcoin.[Rujukan?] Tambalan yang awalnya diselesaikan pada bulan April, dan 35 developer ikut serta untuk menyebarkannya. Rilis ini memperlihatkan Segregated Witness( SegWit) yang dimaksudkan untuk menghemat harga transaksi sekaligus menaikkan kemampuan transaksi maksimum jaringan. Rilis 0. 13. 1 mengalami pengujian dan penelitian ekstensif yang menyebabkan sebagian penundaan pada tanggal rilisnya. SegWit menghindari banyak tampilan kelenturan transaksi.

2017–2019

Pada tanggal 15 Juli 2017, pembaruan perangkat lunak Saksi Terpisah yang kontroversial telah disetujui (“dikunci”). Segwit dimaksudkan untuk mendukung Jaringan Lightning serta meningkatkan skalabilitas. SegWit kemudian diaktifkan di jaringan pada 24 Agustus 2017. Harga bitcoin naik hampir 50% dalam seminggu setelah persetujuan SegWit. Pada 21 Juli 2017, bitcoin diperdagangkan pada $ 2.748, naik 52% dari 14 Juli 2017 $ 1.835. Pendukung blok besar yang tidak puas dengan aktivasi SegWit melakukan fork pada perangkat lunak pada 1 Agustus 2017 untuk membuat Bitcoin Cash.

Harga mulai dari $ 998 pada tahun 2017 dan naik menjadi $ 13.412,44 pada 1 Januari 2018, setelah mencapai titik tertinggi sepanjang masa di $ 19.783,06 pada 17 Desember 2017.

Cina melarang perdagangan bitcoin, dengan langkah pertama diambil pada September 2017, dan larangan total yang dimulai pada 1 Februari 2018. Harga Bitcoin kemudian turun dari $ 9.052 menjadi $ 6.914 pada 5 Februari 2018. Persentase perdagangan bitcoin dalam renminbi Cina turun dari atas 90% pada September 2017 menjadi kurang dari 1% pada Juni 2018.

Sepanjang sisa paruh pertama tahun 2018, harga bitcoin berfluktuasi antara $ 11.480 dan $ 5.848. Pada 1 Juli 2018, harga bitcoin adalah $ 6.343. Harga pada 1 Januari 2019 adalah $ 3.747, turun 72% untuk 2018 dan turun 81% sejak tertinggi sepanjang masa.

Baca Juga: 10 Fakta Tentang Bisnis Online, Sedikit Diketahui Orang Lain

Pada bulan September 2018, pihak anonim menemukan dan melaporkan kerentanan penolakan blok yang tidak valid kepada pengembang Bitcoin Core, Bitcoin ABC, dan Bitcoin Unlimited. Analisis lebih lanjut oleh pengembang bitcoin menunjukkan bahwa masalah juga dapat memungkinkan pembuatan blok yang melanggar batas 21 juta koin dan CVE-2018-17144 ditetapkan dan masalah diselesaikan.

Harga Bitcoin dipengaruhi secara negatif oleh beberapa peretasan atau pencurian dari pertukaran mata uang kripto, termasuk pencurian dari Coincheck pada Januari 2018, Bithumb pada Juni, dan Bancor pada Juli. Selama enam bulan pertama tahun 2018, cryptocurrency senilai $ 761 juta dilaporkan dicuri dari bursa. Harga Bitcoin terpengaruh meskipun cryptocurrency lain dicuri di Coinrail dan Bancor karena investor mengkhawatirkan keamanan bursa cryptocurrency. Pada September 2019, Intercontinental Exchange (pemilik NYSE) mulai memperdagangkan bitcoin berjangka di bursa yang disebut Bakkt. Bakkt juga mengumumkan akan meluncurkan opsi pada bitcoin pada Desember 2019. Pada Desember 2019, YouTube menghapus video bitcoin dan cryptocurrency, tetapi kemudian memulihkan konten setelah menilai mereka telah “melakukan panggilan yang salah.”

Pada Februari 2019, pertukaran cryptocurrency Kanada Quadriga Fintech Solutions gagal dengan sekitar $ 200 juta hilang. Pada Juni 2019, harga telah pulih menjadi $ 13.000.

2020 – sekarang

Menurut CoinMetrics dan Forbes, pada 11 Maret 281. 000 bitcoin dilepas oleh pemilik yang cuma memegangnya sejauh tiga puluh hari. Ini ketimbang dengan 4. 131 yang tak aktif sejauh satu tahun atau lebih, menampilkan kalau sebagian besar volatilitas bitcoin pada hari itu berasal dari pembeli belum lama ini. Sejauh minggu 11 Maret 2020 sebagai dampak dari pandemi COVID- 19, pasar cryptocurrency Kraken mengalami perkembangan 83% dalam jumlah proses mendaftar akun sejauh minggu jatuhnya banderol bitcoin, dampak dari pembeli yang ingin memanfaatkan banderol rendah. Pada 13 Maret 2020, bitcoin bermain di bawah$ 4000 sejauh aksi jual pasar mengenai pandemi COVID- 19 yang luas, sesudah diperdagangkan di atas$ 10. 000 pada Februari 2020.

Pada Agustus 2020, MicroStrategy menginvestasikan$ 250 juta dalam bitcoin sebagai aset pelapis perbendaharaan. Pada Oktober 2020, Square, Inc. menempatkan sekitar 1% dari total aset mereka($ 50 juta) dalam bitcoin. Pada November 2020, PayPal mengumumkan kalau seluruh pengguna di AS bisa merekrut, menahan, atau melepas bitcoin mengusung PayPal. Pada 30 November 2020, bitcoin mencapai tingkat bergengsi anyar sepanjang sejarah di$ 19. 860 melampaui tingkat bergengsi dulunya dari Desember 2017. Alexander Vinnik, pendiri BTC- e, mendapat sanksi dan divonis sanksi 5 tahun penjara mengingat pencucian uang di Perancis sementara keberatan untuk bersaksi sejauh persidangannya. Pada bulan Desember 2020 Massachusetts Mutual Life Insurance Company mengumumkan sudah merekrut$ 100 juta dalam tampilan bitcoin, atau sekitar 0, 04% dari akun investasi biasanya.

Pada 19 Musim dingin 2021, Elon Musk menempatkan#Bitcoin di profil Twitter- nya dengan tweet” Dalam retrospeksi, itu tak terhindarkan”, yang menyebabkan banderol naik sebentar sekitar$ 5000 dalam satu jam sebagai$ 37. 299. Pada 25 Musim dingin 2021, Microstrategy mengumumkan terus merekrut bitcoin dan pada tanggal yang serupa mempunyai 70. 784 kepemilikan sebesar$ 2, 38 miliar. Pada 8 Februari 2021, Tesla mengumumkan kalau dia sudah merekrut$ 1, 5 miliar dalam bitcoin dan mempunyai rencana untuk mulai menyambut bitcoin mengingat pembayaran untuk kendaraan mendorong banderol bitcoin ke tingkat bergengsi sepanjang sejarah senilai$ 44. 141. Pada 18 Februari 2021, Elon Musk menyatakan kalau” mempunyai bitcoin cuma sedikit lebih bagus ketimbang memegang uang tunai konvensional, namun perbedaan kecil itu menjadikannya aset yang lebih bagus untuk dipegang”.

Diumumkan pada September 2020, kalau Kanton Zug( di Swiss) bakal mulai menyambut pembayaran pajak dalam bitcoin mulai Februari 2021.

Unit Dan Perpecahan

Satuan akun dari sistem bitcoin adalah bitcoin. Simbol ticker yang digunakan untuk merepresentasikan bitcoin adalah BTC dan XBT. 2 Karakter Unicode-nya adalah. Bitcoin dalam jumlah kecil yang digunakan sebagai unit alternatif adalah millibitcoin (mBTC), dan satoshi (sat). Dinamakan sebagai penghormatan kepada pencipta bitcoin, satoshi adalah jumlah terkecil dalam bitcoin yang mewakili 1⁄100000000 bitcoin, seperseratus juta bitcoin. Satu milibitcoin sama dengan 1⁄1000 bitcoin; seperseribu bitcoin atau 100.000 satoshi.

Transaksi

Transaksi ditentukan menggunakan bahasa scripting Forth-like. 5 Transaksi terdiri dari satu atau lebih input dan satu atau lebih output. Saat pengguna mengirim bitcoin, pengguna menentukan setiap alamat dan jumlah bitcoin yang dikirim ke alamat itu dalam sebuah keluaran. Untuk mencegah pengeluaran ganda, setiap input harus mengacu pada output yang tidak terpakai sebelumnya di blockchain. Penggunaan beberapa input sesuai dengan penggunaan beberapa koin dalam transaksi tunai. Karena transaksi dapat memiliki banyak keluaran, pengguna dapat mengirim bitcoin ke banyak penerima dalam satu transaksi. Seperti dalam transaksi tunai, jumlah input (koin yang digunakan untuk membayar) dapat melebihi jumlah pembayaran yang dimaksudkan. Dalam kasus seperti itu, keluaran tambahan digunakan, mengembalikan uang kembalian ke pembayar. Setiap input satoshi yang tidak diperhitungkan dalam output transaksi menjadi biaya transaksi.

Biaya Transaksi

Meskipun biaya transaksi bersifat opsional, penambang dapat memilih transaksi mana yang akan diproses dan memprioritaskan transaksi yang membayar biaya lebih tinggi. Penambang dapat memilih transaksi berdasarkan biaya yang dibayarkan relatif terhadap ukuran penyimpanan mereka, bukan jumlah absolut uang yang dibayarkan sebagai biaya. Biaya ini biasanya diukur dalam satoshi per byte (sat / b). Ukuran transaksi bergantung pada jumlah input yang digunakan untuk membuat transaksi, dan jumlah output.

Kepemilikan

Rantai kepemilikan yang disederhanakan seperti yang diilustrasikan dalam whitepaper bitcoin. Dalam praktiknya, sebuah transaksi dapat memiliki lebih dari satu input dan lebih dari satu output.

Di blockchain, bitcoin terdaftar ke alamat bitcoin. Membuat alamat bitcoin tidak lebih dari memilih kunci privat acak yang valid dan menghitung alamat bitcoin yang sesuai. Perhitungan ini dapat dilakukan dalam sepersekian detik. Tetapi kebalikannya, menghitung kunci pribadi dari alamat bitcoin tertentu, secara praktis tidak layak. 4 Pengguna dapat memberi tahu orang lain atau mempublikasikan alamat bitcoin tanpa mengorbankan kunci pribadi yang sesuai. Selain itu, jumlah kunci privat yang valid sangat banyak sehingga sangat tidak mungkin seseorang akan menghitung pasangan kunci yang sudah digunakan dan memiliki dana. Sejumlah besar kunci privat yang valid membuatnya tidak mungkin bahwa kekerasan dapat digunakan untuk mengkompromikan kunci privat. Untuk dapat menggunakan bitcoin mereka, pemilik harus mengetahui kunci pribadi yang sesuai dan menandatangani transaksi secara digital. Jaringan memverifikasi tanda tangan menggunakan kunci publik; kunci privat tidak pernah terungkap.

Jika kunci privat hilang, jaringan bitcoin tidak akan mengenali bukti kepemilikan lainnya; koin tersebut kemudian tidak dapat digunakan, dan hilang secara efektif. Misalnya, pada tahun 2013 seorang pengguna mengklaim telah kehilangan 7.500 bitcoin, senilai $ 7,5 juta pada saat itu, ketika dia secara tidak sengaja membuang hard drive yang berisi kunci pribadinya. Sekitar 20% dari semua bitcoin diyakini hilang – mereka akan memiliki nilai pasar sekitar $ 20 miliar pada harga Juli 2018.

Untuk memastikan keamanan bitcoin, kunci privat harus dirahasiakan. 10 Jika kunci privat diungkapkan kepada pihak ketiga, mis. melalui pelanggaran data, pihak ketiga dapat menggunakannya untuk mencuri bitcoin terkait. Pada Desember 2017, sekitar 980.000 bitcoin telah dicuri dari bursa mata uang kripto.

Mengenai distribusi kepemilikan, per 16 Maret 2018, 0,5% dompet bitcoin memiliki 87% dari semua bitcoin yang pernah ditambang.

shares