Langkah – Langkah Penanggulangan Hewan Liar Saat Berwisata

Langkah - Langkah Penanggulangan Hewan Liar Saat Berwisata

Langkah – Langkah Penanggulangan Hewan Liar Saat Berwisata – Jalan-jalan bersama anjing Anda merupakan langkah yang bagus untuk menikmati alam, tetapi pertemuan dengan hewan liar dapat membuat alam menjadi berbahaya. Sangat penting agar kalian mengetahui cara untuk menghindari serangan hewan liar saat berjalan-jalan dengan anjing Anda dan juga apa hal yang harus kamu lakukan walau serangan tidak dapat untuk dihindari.

Langkah – Langkah Penanggulangan Hewan Liar Saat BerwisataLangkah - Langkah Penanggulangan Hewan Liar Saat Berwisata

nocompromise.org – Secara umum, membuat keributan dan membunyikan lonceng di kerah anjing Anda dapat memperingatkan hewan liar akan kehadiran Anda dan mengurangi risiko konfrontasi. Membawa senjata atau penolak seperti semprotan beruang adalah cara lain untuk melindungi diri Anda dan anjing Anda dari serangan hewan.

Baca Juga : Menjaga Hewan Liar Dan Prioritas Keselamatan Populasi Singa

Dilansir dari laman detik.com, Pendekatan Anda terhadap perjumpaan dengan hewan liar akan bervariasi tergantung pada hewan yang Anda temui. Berikut adalah beberapa hewan yang mungkin Anda temui saat berjalan-jalan dengan anjing Anda dan bagaimana Anda harus menangani situasinya.

A. Rakun, Tupai, dan Mamalia Kecil Lainnya

Hewan yang lebih kecil mungkin tampak bukan ancaman besar, tetapi mereka dapat membawa penyakit dan parasit yang dapat membahayakan anjing Anda. Rakun khususnya bisa sangat jahat, dan mereka akan melawan gigi dan cakar dengan anjing jika mereka merasa perlu.

Banyak dari hewan ini aktif di malam hari dan akan lebih umum saat berjalan-jalan di malam hari, meskipun mereka dapat aktif di siang hari.

Hewan-hewan ini tidak mungkin menyerang kecuali mereka merasa terpojok atau melindungi anak-anaknya.

Lampu sorot atau senter bertenaga tinggi bisa efektif untuk menakuti sebagian besar makhluk nokturnal. Suara keras dan suara manusia juga cenderung membuat takut hewan ini.

Jaga agar anjing Anda tetap terikat, karena banyak anjing memiliki penggerak mangsa dan akan menyerang, menyebabkan hewan mempertahankan diri. Melempar sesuatu seperti batu atau tongkat juga dapat membuat binatang kecil ketakutan.

Berhati-hatilah. Pastikan hewan tersebut memiliki jalan keluar atau mereka akan merasa tersudut dan membela diri secara agresif. Jika anjing Anda diserang, gunakan tongkat, sekop, penggaruk, atau benda apa pun yang ada di tangan untuk diletakkan di antara anak anjing dan hewan tersebut untuk menghancurkannya.

Segera bawa anjing Anda ke dokter hewan untuk memeriksa cedera dan kemungkinan penyakit atau infeksi yang mungkin ditularkan dari hewan tersebut.
Ular, Laba-laba, Dan Makhluk Kecil Berbisa

Ular, kalajengking, dan laba-laba cukup umum di daerah gurun, dan gigitan serta sengatannya bisa berbahaya atau mematikan bagi anjing Anda.

Jika Anda tinggal di daerah di mana makhluk ini biasa ditemukan, sebaiknya latih anjing Anda secara khusus untuk tidak menyerangnya.

Tetap di jalan setapak dan hindari semak-semak, rumput tinggi, atau bebatuan yang dapat menjadi tempat teduh tempat makhluk-makhluk ini mungkin bersembunyi.

Jika Anda menemukan salah satu hewan berbisa ini saat berjalan, jangan melakukan gerakan tiba-tiba. Mundur perlahan atau lakukan putaran lebar di sekitarnya agar tidak mengganggu makhluk itu.

Pegang erat tali anjing Anda dan jaga agar setenang mungkin.

Jika anjing Anda digigit atau disengat, segera hubungi dokter hewan.

Anda juga dapat menghubungi hotline racun hewan peliharaan di 855-764-7661 jika Anda berada di Amerika Serikat. Anda mungkin dikenai biaya untuk panggilan tersebut, tetapi jika nyawa hewan peliharaan Anda dipertaruhkan, itu sepadan.

B. Lebah

Lebah adalah salah satu dari banyak alasan untuk tetap membuka telinga dan memperhatikan saat berjalan. Dengung sarang biasanya terdengar sebelum Anda menemukan sarang serangga yang sedang marah.

Lebah biasanya ditemukan di tempat yang Anda harapkan, yaitu di dekat bunga dan tanaman, serta sumber air seperti kolam atau tempat mandi burung. Sebaiknya hindari hal ini saat berjalan-jalan.

Lebah madu yang normal tidak mungkin menyengat kecuali sarangnya diganggu, meskipun lebah Afrika lebih agresif dan cenderung bersarang di tempat yang tidak dimiliki lebah Eropa.

Jika Anda mendengar suara dengung, segera menuju ke arah yang berlawanan. Hindari membuat suara keras atau membiarkan anjing Anda menggonggong.

Parfum, pakaian gelap, dan perhiasan menarik perhatian lebah.

Jika segerombolan menyerang Anda, segera lari dan temukan tempat berlindung. Jangan memukul atau menghancurkan lebah, karena mereka mengeluarkan bau yang menarik lebih banyak lebah ketika mereka dibunuh. Berlari di tengah angin dapat memperlambat mereka dan memberi Anda dan anjing Anda kesempatan untuk melarikan diri.

Jangan melompat ke air. Lebah afrika akan menunggu Anda untuk menghirup udara dan menyengat Anda lagi.

Hal utama yang harus difokuskan adalah masuk ke dalam ruangan dan berlindung. Setelah berada di dalam, singkirkan sengat yang mungkin masih ada di kulit atau kulit anjing Anda dan segera dapatkan bantuan medis.

C. Coyote

Coyote dapat ditemukan di daerah gurun, hutan, dan bahkan daerah perkotaan saat kota berkembang menjadi habitat alami mereka dan menyediakan sampah sebagai sumber makanan.

Coyote bisa sangat berbahaya bagi hewan peliharaan yang ditinggalkan di luar dalam pekarangan tanpa pengawasan, dan mereka diketahui memanjat pagar untuk menyerang anjing, terutama anjing yang lebih kecil.

Cara terbaik untuk menangani coyote yang mengikuti Anda dan anjing Anda saat berjalan-jalan adalah dengan membuat banyak suara. Berteriak dan berteriak cenderung membuat mereka takut, dan kemungkinan besar mereka akan kabur.

Beberapa sumber merekomendasikan untuk membawa klakson udara atau perangkat pembuat kebisingan lainnya untuk tujuan ini.

Coyote mungkin lebih agresif selama musim kawin jika merasa wilayahnya terancam. Ini terjadi antara Januari dan Maret.

Jika coyote tidak segera mundur, pertahankan kontak mata. Jangan melarikan diri. Pegang jaket atau ransel di atas kepala Anda dan buat diri Anda terlihat sebesar mungkin. Perlahan mundur dan keluar dari area tersebut.

Jika anjing hutan tampak siap menyerang, lempar batu, tongkat, atau apa pun yang ada di tangannya sambil berteriak. Cobalah untuk membuang kotoran atau pasir ke matanya.

Jaga agar anjing Anda tetap terikat dengan cengkeraman yang kuat saat Anda menjauh.

D. Beruang

Jika Anda tinggal di daerah di mana beruang biasa ditemukan, Anda harus memasang lonceng di kerah anjing Anda dan sering membuat suara untuk menghindari hewan yang mengejutkan.

Jika Anda melihat beruang sedang berjalan, segera tinggalkan area tersebut tanpa perlu berlari. Beruang dapat berlari dengan kecepatan 30 mil per jam dan akan dengan mudah menangkap Anda.

Jika beruang telah melihat Anda, hindari gerakan tiba-tiba dan buat anjing Anda tetap tenang saat Anda menuju ke arah yang berlawanan.

Jika perilaku beruang berubah, bicaralah dengan suara pelan dan tenang untuk memberi tahu bahwa Anda adalah manusia dan gerakkan lengan Anda. Jika pertemuan Anda berada pada jarak yang lebih dekat, berdirilah tegak dan buat diri Anda terlihat sebesar mungkin sambil berbicara dengan nada tegas dan menjauh.

Jika beruang bergerak ke arah Anda, lambaikan tangan Anda dan buatlah suara berisik. Anda dapat mencoba melempar benda ke tanah, karena beruang mungkin akan menyelidiki dan memberi Anda waktu untuk melarikan diri, tetapi jangan pernah membuang makanan.

Jika Anda dan anjing Anda benar-benar diserang, kesempatan terbaik Anda adalah menyiapkan semprotan beruang. Semprotkan ke hidung, mata, dan wajah mereka.

Grizzlies mungkin akan meninggalkan Anda sendiri jika Anda berpura-pura mati, tetapi anjing Anda tidak mungkin ikut bermain.

Jika Anda diserang oleh beruang hitam, melawan dan bersuara sekeras mungkin.

Berjalan melalui desa beruang membuat semprotan beruang menjadi kebutuhan, dan Anda harus selalu membawanya jika Anda tinggal di tempat yang biasa digunakan beruang.

E. Singa Gunung Atau Kucing Liar

Singa gunung dapat ditemukan di banyak bagian Amerika Serikat, dan banyak dari tempat tersebut memiliki jalur pendakian tempat Anda mungkin mengajak jalan-jalan anjing Anda. Membuat keributan itu penting di area ini, karena kebanyakan cougars akan takut daripada menghadapi konfrontasi.

Lonceng di kerah anjing Anda dapat membantu, bersama dengan Anda sering membuat teriakan atau suara keras lainnya.

Jika Anda melihat kucing liar, beri dia ruang untuk mundur. Jangan lari, dan jika mungkin, pegang anjing Anda agar tidak lari. Berlari bisa memicu naluri kucing untuk memperlakukan Anda sebagai mangsa.

Berdiri tegak dan buat diri Anda terlihat besar dengan mengangkat lengan atau memegang jaket atau ransel di atas kepala. Bicaralah dengan keras dan tegas, dan jangan melakukan kontak mata karena ini bisa dianggap sebagai tantangan.

Mundur perlahan. Jika Anda diserang, Anda harus melawan dengan segala cara yang diperlukan. Sebagian besar sumber merekomendasikan untuk membawa senjata di negara singa gunung. Jika Anda tidak memiliki senjata, gunakan tongkat, batu, atau apapun yang ada di tangan. Semprotan beruang juga bisa efektif.

Singa gunung yang menyerang telah memutuskan bahwa ia akan berisiko melukai Anda atau anjing Anda, dan melawan balik adalah kesempatan terbaik Anda untuk bertahan hidup.

F. Buaya

Buaya biasa ditemukan di area lahan basah dan sering memangsa hewan yang lebih kecil seperti hewan peliharaan untuk makan. Jika Anda mengajak anjing Anda berjalan-jalan di daerah di mana aligator pernah tinggal, penting bagi Anda untuk menjaga anjing Anda tetap terikat pendek dan berada setidaknya 25 kaki dari tepi perairan mana pun, termasuk kolam, waduk buatan manusia. , sungai dan danau.

Anda juga harus berhati-hati dengan jalur yang melintasi dua sumber air, karena aligator dapat berpindah-pindah di darat di antara area-area ini.

Serangan aligator jarang terjadi, meski pada musim kawin dari Mei hingga Juni, mereka menjadi lebih agresif. Mereka juga lebih mungkin menyerang jika mereka memiliki sarang di dekatnya.

Jika aligator menyerang Anda atau anjing Anda, yang jarang terjadi, larilah. Aligator kebanyakan berburu dengan kecepatan pendek di dekat tepi air.

Memiliki senjata atau semprotan merica dapat membantu selama serangan aligator, tetapi sebaiknya hindari air. Jika anjing Anda digigit, segera temui dokter hewan karena kemungkinan besar akan terinfeksi.

G. Moose

Moose melihat anjing sebagai ancaman dan sering terkejut saat mereka menggonggong atau mengejarnya. Beberapa dari mereka akan keluar dari jalan mereka untuk menendang anjing.

Penting jika Anda pernah melihat rusa besar untuk memberi mereka tempat tidur yang lebar dan mencoba menjaga anjing Anda tetap tenang agar tidak mengganggunya. Dekatkan anjing Anda agar tidak mencoba mendekati rusa besar.

Baca Juga : Burung California Condor Serta Spesies Yang Terancam Punah

Selama bulan September dan Oktober, moose banteng mungkin lebih agresif, karena ini adalah musim kawin, sedangkan di musim semi, betina mungkin lebih siap menyerang untuk melindungi anaknya.

Seekor rusa besar yang mendekati Anda mencari bantuan makanan atau memperingatkan Anda untuk mundur.

Anda harus mundur dan mencoba menemukan apa pun yang dapat Anda dan anjing Anda hindari agar tidak terlihat. Pohon, mobil, gedung, atau apa pun yang cukup besar untuk membuat Anda tidak terlihat sudah cukup.

Jika ada rusa besar, larilah. Mereka biasanya tidak mengejar lama-lama. Sekali lagi, temukan sesuatu untuk dihindari agar tidak terlihat.

shares