Tempat Wisata yang Wajib dikunjungi di Daerah Malaysia

www.nocompromise.orgTempat Wisata yang Wajib dikunjungi di Daerah Malaysia.Lokasi wisata paling populer di Malaysia mempunyai sekian kemiripan dengan negara indonesia, mulai dari tradisi, kuliner hingga budayanya. Walau mempunyai banyak kemiripan, Malaysia tetap sebagai salah satu pelabuhan favorit Indonesia guna berlibur.

Dari segi biaya, liburan di Malaysia sama murahnya dengan liburan di Indonesia. Padahal, ongkosnya jauh lebih murah ketimbang berwisata ke Indonesia Timur! Bahasanya hampir sama, jadi wisatawan Indonesia tidak perlu khawatir dengan kendala bahasa saat berlibur ke sini. Kali ini, Go.com akan memberikan panduan perjalanan Anda dengan rekomendasi tempat-tempat wisata top Malaysia. Bagaimanapun, itu benar-benar patut dikunjungi!

  1. Menara Kembar Petronas

Menara Kembar Petronas Kuala Lumpur adalah gedung tertinggi dari tahun 1998 sampai 2004, dengan ketinggian 452 meter. Meskipun Menara Taipei 101 di Taiwan dan Burj Khalifa di Dubai tidak sebanding, mereka tetap menjadi menara kembar tertinggi di dunia.

Dibangun tahun 1991, butuh waktu 7 tahun untuk membangun dua menara. Meski tiap tower terlihat sama, namun semuanya dibangun oleh konsorsium kontraktor yang berbeda. Jembatan terkenal di lantai 41 dan 42 ini bukanlah bagian dari menara, tetapi dibangun secara terpisah. Karena angin dapat menyebabkan dua menara bergoyang satu meter satu sama lain, jembatan dirancang untuk meluncur masuk dan keluar dari dua menara untuk mencegah kerusakan dan memungkinkan setiap menara untuk berayun secara terpisah.

Desain arsitekturnya menggunakan aspek seni dan budaya Muslim. Bagian luar bangunan terbuat dari kaca dan baja, serta memiliki corak gaya seni Islami. Bentuk bangunannya mirip dengan Rub el Hizb, yaitu bintang delapan titik yang dibentuk oleh dua persegi panjang yang saling tumpang tindih.

Bagian tengah kedua menara terdiri dari inti beton berukuran 23m x 23m, yang dapat menopang sebagian besar struktur bangunan dan lingkar luar tiang. Lapisan tanah keras di lokasi tersebut sangat dalam sehingga kedua menara tersebut dibangun atas dasar penggalian terdalam di dunia pada kedalaman 120 meter.

Di bagian bawah Menara Petronas adalah Suria KLCC, pusat perbelanjaan 6 lantai yang bergengsi di mana sebagian besar merek mewah asing dapat ditemukan. Sayangnya, kedua menara tersebut terbuka untuk umum. Meski pengunjung diperbolehkan menaiki jembatan penyeberangan 41 lantai itu, jumlah pengunjung per hari dibatasi 1.000, dan tiket untuk hari itu hanya dijual di pagi hari. Petronas menjual dua paket, satu untuk mengunjungi jembatan layang saja, yang lainnya mengunjungi lantai 86.

Baca Juga: Tempat Wisata di Jaksel Menjadi Atraksi Terpopuler Tahun Ini

  1. Kuil Kek Lok Si

Candi Budha terbesar di Asia Tenggara ini terletak di kawasan Air Hitam, dekat dengan pasar Air Hitam. Lokasinya dekat dengan penang (penang), jika tidak ramai kurang dari satu jam dari pusat kota dan sekitar dua kilometer dari bukit penang.

Kek Lok Si atau Kek Lok Si secara ketat mematuhi semua aturan “feng shui” yang sesuai dengan ukuran kuil. Faktanya, kuil ini adalah tempat yang terkenal bagi para pemimpin agama dan pendeta Tao untuk berdoa atau bermeditasi untuk keabadian.

Sejarah Kek Lok Si bisa ditelusuri kembali ke tahun 1893. Ini adalah pertama kali didirikan, dipengaruhi oleh pemuka agama Bodhisattva Guanyin di Jalan Pitt. Proyek tersebut disambut hangat oleh kaisar Manchu, yang kemudian memberinya sebuah prasasti dan ribuan “Kitab Suci Buddha Kekaisaran”.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Kek Lok Si adalah gedung yang menjulang tinggi dan indah ini, saat perayaan Imlek, tidak lebih dari tiga minggu lagi. Saat itu, Anda akan dikejutkan dengan ribuan lampion yang bercahaya. Padahal, kondisi Kek Lok Si tidak jauh berbeda dengan biasanya, namun lampionnya tidak banyak. Suasana tenang juga bisa Anda nikmati melalui musala, pagoda bertumpuk, menara lonceng, hingga kolam penyu.

Informasi yang berguna bagi Anda yang berencana berkunjung ke Kek Lok Si, saat udara dan tubuh tetap segar di pagi hari, matahari belum juga menyengat. Karena untuk mencapai puncak pura di atas bukit, Anda harus menaiki banyak anak tangga.

Mengapa harus mengunjungi Kek Lok Si

Banyak orang yang setuju bahwa pesona (sisi menarik) pagoda ini adalah tempat yang paling diminati oleh wisatawan, pagoda ini terbuat dari batu alam (arabat) dan perunggu dan terus menerus disebut 10.000 stupa. Pagoda ini merupakan gambaran keharmonisan agama Buddha Mahayana dan Hinayana. Pagoda ini menggabungkan gaya arsitektur dari tiga negara (Cina, Thailand dan Myanmar), yang sangat mengesankan. Patung perunggu tersebut menggambarkan Dewi Kuan Im, dewi welas asih, yang berusia sekitar 30 tahun dan tidak bisa luput.

Seperti yang telah disebutkan di atas, Anda akan menaiki banyak anak tangga menuju puncak Kelenteng Kek Lok Si, yang mungkin membuat Anda lelah. Perkiraan waktu yang dibutuhkan untuk mencapai puncak sekitar satu jam. Tapi yakinlah, selama pendakian, Anda akan menemukan banyak warung makan, toko suvenir, tempat Anda bisa membawa oleh-oleh untuk orang tersayang, serta visualisasi pagoda Baifeng dan patung Dewi Kuan Im yang bisa sedikit mengalihkan penat. Atau Anda bisa menggunakan lift untuk mencapai puncak lebih cepat. Untuk naik lift, Anda harus membayar, tapi tenang dan tidak mahal.

Saat pertama kali melangkah ke puncak candi, segala rasa lelah akan diimbangi dengan keindahan bangunan yang luas dan penuh dengan ukiran dan lukisan yang unik.

Anda bisa langsung melihat patung Dewi Kuan Im yang kokoh. Belum cukup, silahkan nikmati pemandangan indah Penang

Di pura ini terdapat tempat khusus untuk berdoa dan berharap kepada Sang Pencipta. Salah satu fiturnya adalah tempat berdoa di atas tongkat, seperti pohon, dengan menyisipkan pita berisi harapan dan keinginan (panggilan, bisnis, studi, asmara, dll.). Tidak terbatas pada umat Buddha, Anda juga bisa mencobanya. Sebuah keinginan yang dilambangkan dengan pita sangat terjangkau, yaitu 1 ringgit Malaysia.

Kemudian, saat Anda kembali ke area pura, Anda akan menemukan sudut-sudut indah dengan hamparan bunga. Sambil menikmati irama lonceng yang dipukul wisatawan, jangan lewatkan kesempatan untuk mengabadikan momen Anda. Setelah ini, Anda juga dapat menemukan sumber suara genta, atau Anda dapat menekannya. Nikmati pesona Kek Lok Si yang mempesona, yang mungkin tidak akan Anda temukan di tempat lain.

Jika anda menginap disana hingga sore hari, jika beruntung anda akan menemukan sunset yang memusingkan. Saat malam, Anda akan dimanjakan dengan gemerlap lampu kota Penang.

Bagaimana menuju ke Kuil Kek Lok Si

Cara menuju Kek Lok Si tergantung dari arah kedatangan Anda, misalnya jika dulu berangkat dari pusat kota Georgetown, Penang, Anda bisa naik bus kota No. 204 dengan tarif 1 ringgit. Jangan lupa turun di stasiun Pasar Air Itam yang standarnya ada sebelum masuk pasar tertentu. Jika tidak ingin lelah berjalan di atas tangga, Anda bisa naik taksi karena letaknya di atas gunung.

  1. Langkawi Cable Car

Jika tidak menyukai keindahan dan eksotisme Pulau Langkawi, maka berwisata ke Malaysia belum lengkap. Seperti kita ketahui bersama, pulau ini memiliki panorama alam yang mempesona, ditambah dengan perkembangan pariwisata yang sudah sangat maju. Pada ketinggian 709 meter di atas permukaan laut, Anda tidak boleh melewatkan kereta gantung untuk mencapai puncak gunung tertinggi kedua di Langkawi.

Sejak 1 November 2002, Kereta Gantung Langkawi, yang juga dikenal dengan nama Langkawi SkyCab, secara resmi dibuka untuk umum. Langkawi SkyCab terletak di Desa Oriental, Teluk Burau, Langkawi, Malaysia. Kereta Gantung Langkawi terletak di pantai barat daya pulau utama. Anda dapat berkendara dari Kota Kuah ke Kereta Gantung Langkawi dalam waktu sekitar 30 menit, atau 15 menit dari Bandara Internasional Langkawi.

Jika Anda benar-benar membutuhkan transportasi umum, cara termudah adalah dengan naik taksi untuk mencapai Kereta Gantung Langkawi. Sayangnya, tidak ada transportasi bus di Pulau Langkawi. Oleh karena itu, disarankan agar Anda menyewa mobil atau motor, agar memudahkan Anda saat ingin sepenuh hati menjelajahi Pulau Langkawi.

Pembangunan objek wisata yang megah ini memakan waktu sekitar 1 tahun 6 bulan. Panjang jalur kereta gantung dari base station hingga stasiun tertinggi mencapai 4.400 meter. Sayangnya, wisatawan ternyata tidak boleh membawa bekal makanan dan minuman di atas gondola. Namun pengelola menyediakan tempat penyimpanan di ruang tunggu bagi pengunjung yang ingin menyimpan makanan atau minuman.

Penyandang disabilitas atau pengguna kursi roda tak perlu berkecil hati, karena pengguna kursi roda Langkawi SkyCab juga bisa menaikinya. Asisten layanan pelanggan bahkan bersedia membantu penumpang kursi roda memasuki gondola dan mengurangi kecepatan kereta gantung untuk memastikan kenyamanan dan keamanan Anda.

Langkawi SkyCab beroperasi secara normal mulai pukul 09.30 hingga 19.00 waktu setempat pada hari kerja (hari kerja) dan akhir pekan (akhir pekan). Konon selama liburan sekolah dan hari libur nasional, jadwal operasional Langkawi SkyCab lebih awal dari biasanya. Namun, Langkawi SkyCab akan ditutup untuk pemeliharaan sesuai jadwal yang dijadwalkan.

Perasaan mengendarai Kereta Gantung Langkawi benar-benar unik. Dalam perjalanan 20 menit, Anda akan melewati air terjun di tengah hutan dan hutan tropis perawan yang lebat. Saat cuaca cerah, Anda juga bisa melihat negara tetangga seperti Thailand di utara dan Indonesia di barat daya.

Perjalanan dari stasiun pertama ke stasiun kedua di atas bukit melalui kemiringan 42 derajat di kemiringan 2,2 derajat sangat menantang. Namun saat berada di puncak, Anda bisa langsung melihat jembatan penyeberangan dengan pemandangan Langkawi yang sangat indah.

  1. Batu Caves

Batu Caves merupakan salah satu destinasi favorit para turis Malaysia. Fitur yang menonjol dari daya tariknya adalah patung tinggi dewa Hindu di pintu masuk, 272 anak tangga curam, tiga gua, dan banyak monyet berkeliaran di tangan mereka dan di dekat gua.

Transportasi menuju tempat ini sangat nyaman.Anda bisa membeli tiket KTM Komuter Line di KL Sentral. Perjalanan memakan waktu sekitar 40 menit dan tarif sekali jalan adalah RM 2,60. Kereta pertama berangkat pukul 06.56, dan kereta terakhir dari Stasiun Sentral Kuala Lumpur menuju Batu Caves mulai pukul 22:46. Perbedaan antara satu kereta dan kereta berikutnya hanya 30 menit hingga 1 jam.

Setelah sampai di stasiun Batu Caves, jalan keluar, menuruni tangga, melihat-lihat, dan menemukan patung dewa Murugan. Wanita perlu mengingat satu hal, jika ingin ke gua, sebaiknya tidak mengenakan pakaian minim, pakaian di atas lutut atau celana pendek. Ini karena tempat ini adalah tempat peribadahan, dan orang-orang di sana menganggapnya sakral.

Namun, Anda bisa menyewa kain di pintu masuk terlebih dahulu sebelum naik gunung. Jika anda tidak ke goa bisa berfoto di bawah ini adalah lokasi dewa-dewa hindu, banyak burung dan monyet berkeliaran, mohon jaga barang bawaan anda. Ada sebuah pura yang indah di dalam gua. Anda akan menemukan beberapa altar dan patung dewa India. Kemudian ada kuil Hindu yang didedikasikan untuk Dewa Murugan.

Ada banyak patung dan lukisan di sekitar yang menceritakan kisah Dewa Murugan dan iblis bernama Soorapadman.

Setelah mengunjungi gua, Anda dapat kembali ke tangga, tetapi harap berhati-hati. Apalagi jika membawa anak atau orang tua, paling baik ditemani karena tangganya cukup curam dan bangku pijakannya sempit. Selain itu, ada monyet yang berkeliaran, dan terkadang ada sampah kulit pisang atau plastik turis lainnya.

Untuk pulang atau kembali ke KL Sentral, Anda bisa naik KTM Komut Line dari Stasiun Batu Caves. Tarifnya sama. Stasiun keberangkatan kereta pukul 05.15, dan kereta terakhir di Batu Caves pukul 22.30. Frekuensi kereta pada jam sibuk sekitar 15 menit, dan frekuensi kereta api di luar jam sibuk adalah 20-30 menit.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bau Tak Sedap di Tubuh Secara Alami

  1. Pulau Redang

Pulau Redang ialah suatu pulau yang berada di Laut Cina Selatan dan termasuk bagian dari Taman Laut Terengganu, Malaysia. Pulau Redang termasuk salah satu pulau terbesar dan terindah di Malaysia timur, menjadikannya salah satu lokasi wisata sering terkenal di Malaysia, tak cuma guna orang Malaysia, namun juga guna orang Indonesia. Disamping sebagai tujuan wisata terkenal di Malaysia, pulau ini juga sebagai lokasi krusial guna pelestarian dan perlindungan penyu.

Pulau Redang populer dengan perairannya yang jernih, pantai berpasir putih dan ikan tropis yang menempati karang di pulau itu. Iklim tropis dengan suhu rata- rata sekitar 30 derajat Celcius juga sebagai salah satu daya tarik buat wisatawan yang tak menyukai musim dingin di negaranya.

Menurut saya, pulau ini termasuk tujuan wisata di Malaysia yang begitu cocok guna pihak menengah ke atas, mengingat nyaris seluruh penginapan di pulau tersebut termasuk resort yang lumayan mahal. Oleh mengingat itu, apabila Kamu tak sedang berlibur, jangan aneh apabila Kamu berlabuh ke pantai yang indah akan tetapi jumlah wisatawannya jarang.

Aktifitas wisata yang sering terkenal di pulau ini ialah snorkeling, mengingat terumbu karang yang terdapat di pulau ini begitu indah, walau cuma sebagian meter dari bibir pantai, Kamu mampu menyaksikan ikan tropis berenang di antara bebatuan. Airnya yang tenang dan hangat meningkatkan kenyamanan snorkeling, alhasil kamu mampu betah berlama- lama di bawah air. Disamping berkeliling pulau, terdapat sekian paket wisata yang meminta Kamu guna snorkeling di pulau- pulau indah terdekat.

Disamping snorkeling, scuba diving juga sebagai aktifitas wisata sering terkenal di Pulau Redang. Dengan air yang jernih, Kamu mampu menyaksikan pemandangan bawah laut yang luas dan memabukkan. Terdapat sekian spot diving di sekitar pulau ini, alhasil penyelam dari seluruh tingkat mampu menyelam disini. Buat yang ingin belajar scuba diving juga tersedia sekian layanan belajar diving. Nyaris seluruh resort di sini mempunyai sarana diving sendiri- sendiri. Apabila ingin berfoto di bawah air, Kamu mampu menyewa kamera selam tertentu dengan harga 30 ringgit per hari atau sekitar Rp 100. 000 per hari.

Kegiatan yang lain yang bisa dijalani di Pulau Redang antara yang lain voli pantai, kano, kano, berperahu, trekking di hutan atau trekking di hutan, golf, memancing dan sebagainya. Urusan yang harus diketahui ialah lokasi ini termasuk suaka margasatwa, menjadi Kamu tak diizinkan naik perahu motor atau memancing di pulau ini. Akan tetapi, Kamu mampu menyewa perahu guna memancing di pulau tersebut mengingat larangan memancing cuma selisih 3 kilometer dari Pulau Redang.

  1. The Habitat Penang Hill

Penang Hill (Penang Hill) adalah atraksi populer di Penang, Malaysia, dengan pemandangan dataran tinggi.

Dari atas bukit Penang, kamu bisa menikmati pemandangan dataran tinggi Penang dan flora khas Penang.

Pergi ke Penang pada hari libur, jangan lewatkan waktu untuk mengunjungi tempat wisata Bukit Penang.

Bukit Penang dapat menikmati pemandangan kota yang indah dari ketinggian.

Anda bahkan bisa melihat pantai, hutan dan langit dari atas.

Bagi yang suka foto, Bukit Penang memiliki pemandangan indah yang bisa mempercantik foto kamu.

Masuk ke Penang Hill

Lokasi Penang Hill hanya berjarak 6 kilometer dari pusat kota George Town, ibu kota Penang.

Tidak sulit untuk masuk ke lokasi Bukit Penang.

Anda bisa menggunakan berbagai macam transportasi untuk mencapai Bukit Penang.

Ada beberapa jenis bus bernama Rapid Penang yang bisa digunakan untuk mencapai Penang Hill.

Untuk mencapai Punchak, pengunjung bisa naik Kereta Api Bukit Penang.

Kereta Penang Hills (Penang Hills Railway) memiliki rute yang curam menuju puncak gunung dan memacu adrenalin.

Kereta Penang Hills (Penang Hills Railway) beroperasi mulai pukul 09:00 hingga 23:00 waktu setempat.

Selain naik kereta wisata, Anda juga bisa naik taksi untuk mencapai gunung tersebut.

  1. Genting Highland

Dataran Tinggi Genting di Malaysia mungkin bisa menjadi tujuan liburan Anda berikutnya. Ada banyak atraksi untuk dikunjungi. Apa itu?

Jika ingin berwisata ke Malaysia dengan udara sejuk, Genting Highlands adalah pilihan terbaik. Seperti namanya, Genting Highlands merupakan salah satu tempat wisata di dataran tinggi Malaysia.

Genting Highlands tidak hanya memiliki udara yang sejuk, tetapi juga menyediakan fasilitas bermain outdoor, pemandangan dataran tinggi dan bangunan candi yang ikonik, menjadikannya spot foto yang bagus.

Pesona Genting Highlands menjadi daya tarik utama saya di sini. Dibutuhkan sekitar satu jam berkendara dari Kuala Lumpur ke Genting Highlands. Setelah sampai di Genting Highlands, saya langsung menuju Kuil Gua Jinrui.

Kuil Chin Swee Caves berada di lantai paling atas, jadi ketika sampai di lantai paling atas, Anda akan langsung melihat langit biru dan awan putih serta arsitektur kuil yang sangat unik. Yang juga menarik adalah bangunan pagoda 9 lantai dan patung Buddha besar, yang akan memukau pengunjung.

Saya naik dari area kuil lagi dan pergi ke ruang neraka. Ini yang paling menyeramkan, karena di beberapa ruangan, perjalanan manusia setelah kematian seperti masuk neraka dan dihakimi atas perbuatannya, sampai dia sekali lagi menaiki dongeng ke surga.

Tidak hanya itu, kita juga bisa naik cable car atau kereta gantung yang dikenal dengan Awana Skyway, yang naik dari Chin Swee Caves Temple hingga ke bawah pusat perbelanjaan Sky Avenue. Salah satu pengalaman tak terlupakan saat naik Awana Skyway adalah bisa menikmati keindahan Genting Highlands dari atas.

Perjalanan dari atas ke bawah diapit pagoda kabut putih tipis. Selain itu, Anda bisa melihat pegunungan yang masih hijau dan satwa liar yang hidup di dalamnya, di antaranya rusa berwarna coklat muda yang masih berkeliaran.

Kereta gantung jenis ini berventilasi baik di atas dan di bawah. Dengan cara ini saya bisa merasakan angin dingin yang kuat masuk dan keluar dari gondola yang saya kendarai.

Setelah turun dari bus di Sky Avenue, saya memasuki pusat perbelanjaan. Untungnya, Anda bisa melihat “Symphony of the Sky”, yang merupakan pertunjukan dari titik lampu sentral di pusat perbelanjaan. Untunglah saya salah satu pengunjung yang berkesempatan melihat acara “Symphony in the Sky” yang unik dan penuh warna.

Itulah tempat wisata Malaysia favorit yang wajib kamu kunjungi.

shares