Cara Menghilangkan Bau Tak Sedap di Tubuh Secara Alami

www.nocompromise.orgCara Menghilangkan Bau Tak Sedap di Tubuh Secara Alami. Bau tidak sedap merupakan salah satu hal yang paling sering dialami oleh masyarakat yang tinggal di daerah beriklim tropis, salah satunya Indonesia. Jika bau badan sudah menjadi bagian tubuh Anda yang sangat tidak aman, rasa yakin diri Kamu hendak menurun sebab Kamu takut bila seorang mengesun bau yang tidak nikmat di badan Kamu, orang itu hendak menghindar. Bayangkan bila orang itu merupakan seorang yang berarti untuk Kamu, semacam sahabat ataupun pimpinan Kamu. Permasalahan bau tubuh dapat kurangi evaluasi Kamu di mata orang lain. Terus menjadi keras bau tubuh, terus menjadi tidak sering Kamu nampak semacam orang lazim, sebab Kamu tidak dapat mengurus keadaan kecil semacam bau tidak nikmat, alhasil tidak dapat mengurus keadaan berarti.

Anda mungkin pernah menjadi orang yang merasakan bau badan seseorang. Bagaimana perasaan Anda? Saya yakin itu pasti buruk, bukan? Anda mungkin menemukan alasan untuk menjauh dari orang ini. Oleh karena itu, mulai sekarang, Anda harus mencoba mengukur keadaan tubuh Anda terlepas dari apakah tubuh Anda berbau. Tanyakan pada orang terdekat Anda, jika Anda memiliki masalah bau badan, Anda harus segera mengatasinya. Mengapa bertanya pada orang terdekat? Karena terkadang sebagian orang tidak menyadari bahwa mereka sebenarnya memiliki masalah bau badan.

Banyak dari Anda mungkin bertanya, apa penyebab memburuknya bau badan? Atau mengapa ada bau badan yang begitu menyengat? Bagaimana Anda bisa menghilangkan bau tidak sedap?

Penyebab bau badan dan ketiak

Penyebab awal timbulnya bau badan adalah bakteri yang diproduksi dalam keringat tinggal terlalu lama di tubuh manusia. Saat keringat baru muncul di tubuh Anda, rasanya seperti air biasa, tetapi seiring berjalannya waktu, Anda akan merasa tidak nyaman karena tubuh Anda mulai lengket. Dan semakin lama bakteri tersebut tumbuh, inilah sumber bau yang tidak sedap. Biasanya, keringat di ketiak adalah sumber bau badan paling menyengat.

Baca Juga: Apa Itu Leptospirosis? Gejala, Penyebab dan Mengobati!

Cara alami menghilangkan bau tak sedap di tubuh

Berikut beberapa tips untuk menghilangkan bau badan yang tidak sedap, berikut cara yang mudah digunakan dan aman:

Atasi bau tak sedap dengan pola hidup sehat

  • Jauhi makanan yang bisa menyebabkan bau badan

Beberapa makanan dan minuman yang dapat menyebabkan bau badan antara lain makanan cepat saji, daging merah, kafein, tembakau, dan alkohol. Oleh karena itu, sebaiknya hindari asupan yang berlebihan dari jenis asupan tersebut.

  • Makan buah

Mengapa buah penting untuk menghilangkan bau badan? Karena mengonsumsi buah-buahan bisa membuat sistem pencernaan di dalam tubuh bekerja lebih baik, dan lemak lebih mudah meleleh atau dihancurkan. Lemak berlebih merupakan salah satu alasan mengapa tubuh lebih cenderung berkeringat dan menyebabkan bau badan.

  • Mandi minimal dua kali sehari

Mandi secara rutin dua kali sehari, apalagi jika Anda tahu bahwa tinggal di iklim tropis membuat mudah berkeringat. Mencuci dan membersihkan seluruh tubuh dengan sabun antibakteri akan melepaskan bakteri yang menempel di tubuh.

  • Secara aktif berolahraga

Olahraga merupakan salah satu cara paling efektif untuk menghilangkan bau tak sedap di tubuh. Olahraga memang menimbulkan keringat, tapi keringat yang keluar saat berolahraga akan mengurangi bakteri di pori-pori.

  • Makan sayuran hijau

Tahukah Anda bahwa sayuran hijau efektif menghilangkan bau badan? Karenanya, klorofil pada sayuran hijau memang efektif untuk mencium antibodi. Anda bisa makan sayuran hijau sesuai resep favorit Anda.

  • Gunakan air secara teratur

Minum air putih minimal 8 gelas setiap hari, manfaat yang didapat adalah kelancaran sistem ekskresi yang mengeluarkan banyak zat dalam tubuh melalui keringat atau air seni. Diantara zat tersebut, terdapat zat yang memicu bau badan manusia yaitu zat belerang.

  • Ganti pakaian secara teratur

Salah satu masalah yang sering ditemui pada pasien dengan bau tidak sedap adalah malas berganti pakaian secara rutin atau teratur. Mungkin Anda salah satunya, segera cuci pakaian Anda.

Semakin lama pakaian yang Anda gunakan, semakin besar kemungkinan bakteri penyebab bau akan tumbuh. Salah jika mengira kita bisa memakai pakaian jauh sebelum baunya, karena bakteri akan tetap ada walaupun jumlah awalnya sedikit.

  • Seka keringat sesegera mungkin

Mengusap keringat dengan segera membantu menghambat pertumbuhan bakteri, karena menyeka keringat secepatnya dapat mencegah penumpukan keringat di dalam tubuh. Umumnya mereka yang memiliki bau badan bahkan akan terus berkeringat hingga keringat kembali masuk ke pori-pori tubuh dan tidak akan merasakan ketidaknyamanan akibat anggapan atau sensasi tubuh kering.

  • Gunakan pakaian yang mudah menyerap keringat

Beberapa bagian tubuh yang sulit dibersihkan, seperti tubuh bagian belakang. Untuk mengantisipasi masalah tersebut, sebaiknya kenakan pakaian atau pakaian yang terbuat dari bahan yang menyerap keringat, seperti katun atau katun bambu.

  • Membersihkan dan membersihkan pakaian

Untuk mencegah pakaian rusak oleh bakteri atau bakteri, sangat disarankan agar Anda mencuci pakaian secara rutin dan menjaganya tetap steril, bukan hanya sekadar mencuci pakaian. Biasanya banyak orang yang beranggapan bahwa mencuci pakaian sudah cukup dengan merendamnya dalam detergen tanpa perlu mengelapnya lagi. Gunakan sabun cuci yang mengandung bahan antibakteri, sebaiknya jemur di bawah sinar matahari.

Hilangkan bau tak sedap dengan ramuan herbal

Gunakan daun kemangi

Daun kemangi mengandung minyak esensial, yang dapat menjadi penawar tradisional namun efektif. Keunggulan lain dari daun kemangi adalah memiliki kandungan pengawet alami yang baik.

Cara makan:

Satu jenis. Anda juga bisa membuat lalapan dengan memakan daun kemangi yang sudah dicuci bersih langsung.

  1. Makanlah daun kemangi secara rutin pada pagi dan sore hari, dan ada cara lain untuk menikmati daun kemangi yaitu dengan membuat teh kemangi. Daun kemangi siap dibersihkan
  2. Jemur sampai benar-benar kering, mudah pecah
  3. Tuang ke dalam haluskan hingga merata, lalu tuang ke dalam air panas
  4. Saring residunya dan minum teh kemangi secara rutin dua kali sehari
  • Gunakan daun sirih

Buah pinang mengandung antioksidan yang sangat baik, buah pinang memiliki banyak kegunaan untuk kesehatan. Bahkan orang mengira daun sirih tidak hanya bisa melawan penyakit, tapi juga menyembuhkan penyakit, karena banyak mengandung unsur baik seperti tiamin, riboflavin, karoten dan vitamin C yang tinggi. Jangan lupa, daun sirih sudah lama dimanfaatkan untuk cepat menghilangkan bau badan.

Cara menggunakan daun sirih untuk menghilangkan bau badan:

  1. Siapkan daun sirih yang sudah dibersihkan
  2. Rebus daun sirih secukupnya dengan kurang lebih 400ml air
  3. Setelah daun sirih mendidih dan meleleh, tuangkan daun sirih yang sudah matang ke dalam bak mandi
  4. Aduk bak mandi untuk meratakan bahan daun sirih
  5. Kemudian Anda bisa mandi dengan air
  6. Lakukan 3 kali seminggu, dan Anda bisa melakukannya sekali dalam sehari untuk segera menghilangkan masalah bau badan Anda
  • Leverage Temulawak

Temulawak mengandung berbagai bahan alami yang efektif menghilangkan bau tidak sedap pada tubuh yaitu minyak atsiri, saponin dan flavonoid.

Bagaimana menerapkan:

  1. Siapkan jahe bersih secukupnya
  2. Parut jahe hingga halus
  3. Campur dengan air mendidih, lalu aduk rata
  4. Peras campuran jahe dan air, pisahkan residu dengan saringan
  5. Minum jus dua kali sehari, Anda bisa mencampurnya dengan madu atau makanan manis apa pun sesuai selera Anda
  • Makan daun Belem Tas

Pernahkah Anda mendengar tentang daun pohon birch putih? Mungkin sebagian dari Anda masih belum tahu. Daun Beluntas merupakan tumbuhan kecil yang tumbuh di daerah pesisir. Daun beluntas termasuk dalam tumbuhan liar yang mudah tumbuh meski tanpa perawatan. Salah satu ciri dari unsur daun belutas adalah menghilangkan bau badan.

Cara menggunakan daun Berutas untuk menghilangkan bau badan:

  1. Siapkan daun salam yang sudah steril
  2. Rebus daun Belem Tas hingga mendidih dan larut
  3. Ambil airnya dan pisahkan residu dengan saringan
  4. Minum air rebusan dua kali sehari pada pagi dan sore hari
  • Manfaatkan bunga coklat kakao

Bunga kecombrang, seperti halnya daun sirih, mengandung banyak unsur yang efektif menghilangkan bau badan, di antaranya vitamin, mineral, glikosida, flavonoid, tanin, alkaloid, polifenol, dan zat antibakteri.

Cara menggunakan bunga kecombrang:

  • Hancurkan bunga dan batang kecombrang
  • Membuat bunga dan batang bertabrakan sebagai pelengkap atau pengganti sabun
  • Penggunaan ramuan antera kecombrang secara teratur

Jahe yang bisa dimakan

Jahe merupakan bumbu alami dan memiliki banyak khasiat. Selain menyehatkan tubuh, manfaat jahe lainnya adalah mengatasi masalah bau badan. Ini karena jahe mengandung gingerol, kurkumin, gingerol, getah pahit, filandenene dan minyak atsiri. Konsumsi jahe secara teratur akan membantu mengurangi dan menghilangkan bau badan yang tidak sedap.

Beberapa cara mengonsumsi jahe untuk menghilangkan bau badan:

  1. Tambahkan pada makanan yang akan dimakan
  2. Dengan cara membuat minuman jahe seperti jus jahe atau jus jahe

Konsumsi Prut

Jeruk purut memiliki rasa yang sama dengan jeruk lainnya dan memiliki rasa asam yang unik. Mengandung unsur-unsur yang menyehatkan tubuh, seperti karbohidrat, zat besi, kalsium, serat, vitamin A dan vitamin C. Konsumsi jeruk purut secara teratur akan membantu Anda mengatasi masalah bau badan.

Cara makan:

  1. Buah jeruk nipis siap dicuci bersih
  2. Potong jeruk menjadi dua
  3. Anda bisa menikmati jus sambil menambahkan madu
  • Gunakan mentimun

Mentimun tak hanya bagus untuk wajah, tapi juga menjadikan masker mentimun sebagai senjata ampuh menghilangkan bau tak sedap di tubuh. Zat positif yang ditemukan dalam mentimun termasuk vitamin A, magnesium, B-6, kalium, asam folat, vitamin C dan K.

Bagaimana cara menggunakannya:

  1. Siapkan mentimun bersih
  2. Di iris tipis
  3. Gunakan irisan mentimun sebagai masker di tubuh atau ketiak Anda
  4. Lakukan cara ini secara rutin 2-3 kali dalam seminggu
  • Jeruk Nipis

Jeruk lain yang memiliki efek luar biasa adalah jeruk nipis, yang seperti jeruk nipis Afrika, secara alami dapat menghilangkan bau badan. Nutrisi dalam jeruk nipis termasuk kalsium, makronutrien, asam sitrat, kalium dan vitamin C.

Bagaimana cara menggunakannya:

  1. Sediakan jeruk nipis yang sudah dicuci terlebih dahulu
  2. Terpotong setengah
  3. Anda bisa menggunakannya langsung atau menggunakan jus lemon di ketiak Anda
  4. Diamkan selama 15-20 menit, lalu bilas
  • Gunakan cuka

Cuka rasanya asam, bagaimana cara cuka menghilangkan bau tak sedap di tubuh? Mungkin pertanyaan ini menyentuh hati Anda, karena itu, Anda menemukan bahwa komponen asam dalam cuka sebenarnya baik untuk membasmi bakteri dan bakteri penyebab bau badan.

Bagaimana cara menggunakannya:

  1. Sediakan kapas dan cuka bersih
  2. Tuang beberapa tetes cuka pada bola kapas
  3. Kemudian Anda bisa mengaplikasikannya di ketiak
  4. Diamkan selama 15-20 menit, lalu bersihkan

Dengan memakan bunga lilac

Cengkeh adalah salah satu bumbu dapur, dan karena kandungan minyak atsiri yang sangat baik, ia dapat dicampur sebagai penangkal masalah bau badan.

Bagaimana cara melakukannya:

  1. Cuci beberapa lilac
  2. Ambil wadah kecil yang bersih
  3. Tuang air panas ke dalam wadah lalu celupkan bunga ke dalamnya
  4. Diamkan kurang lebih 10 menit hingga bunganya mekar
  5. Minum air putih, Anda bisa mengatur minum air dua kali sehari

Gunakan daun jambu biji

Jambu biji sangat populer karena kelezatannya, jambu biji juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Daun jambu biji memiliki khasiat yang luar biasa dalam menghilangkan bau tidak sedap pada tubuh, hal ini dikarenakan daun jambu biji memiliki kandungan antibakteri dan mineral yang tinggi, sehingga dapat membunuh bakteri penyebab bau badan.

Bagaimana cara menggunakannya:

  1. Siapkan 4-5 lembar daun jambu biji
  2. Parut daun dengan kentang tumbuk
  3. Olesi ketiak dengan daun patah
  4. Biarkan selama kurang lebih 20 menit, lalu bersihkan
  5. Lakukan cara ini tiga kali seminggu
  • Bawang Putih

Bawang putih memiliki aroma yang unik dan sering digunakan, namun biasanya hanya digunakan sebagai bumbu masakan. Tahukah Anda bahwa bawang putih memiliki efek positif bagi kesehatan manusia dan terdapat dalam bentuk senyawa sulfur? Senyawa tersebut memiliki efek antibakteri dan membantu menghilangkan bau badan. Fakta membuktikan bahwa selain senyawa belerang, bawang putih juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi.

Bagaimana mempersiapkan:

  1. Sediakan beberapa siung bawang putih (sekitar 3-4 siung bawang putih)
  2. Hancurkan bawang putih hingga halus
  3. Oleskan di bawah ketiak
  4. Biarkan selama sekitar 20 menit, lalu bilas

Gunakan bunga rosemary

Tanaman dengan kandungan minyak esensial yang tinggi adalah rosemary. Bunga rosemary populer karena bahan jamu atau alaminya. Saat ini, bunga rosemary juga menjadi deodoran paling efektif dan aman, cara pemakaiannya.

Anda bisa melumasi di bawah ketiak dan menggunakan minyak esensial rosemary secara langsung. Anda dapat membeli minyak esensial rosemary di apotek. Sediakan bunga rosemary bersih secukupnya, lalu rebus setelah mendidih kurang lebih 15 menit. Campur air di bak mandi dan mandi lebih awal. Kemudian ulangi cara ini secara rutin setiap hari.

Baca Juga: Jangan Meremehkan Efek Minum Alkohol pada Tubuh

Gunakan cuka sari apel

Untuk mencegah pertumbuhan bakteri di dalam tubuh, cuka sari apel sangat dianjurkan. Cuka sari apel mengandung tartar dan asam asetat, yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan memiliki efek antibakteri.

Bagaimana cara menggunakannya:

  1. Siapkan cuka sari apel dan kapas bersih
  2. Taruh sedikit cuka sari apel di atas bola kapas
  3. Gosokkan kapas secara merata ke ketiak
  4. Biarkan selama kurang lebih 20 menit, lalu bersihkan
  5. Tips ini dilakukan sebelum mandi

Gunakan soda kue (baking soda)

Penggunaan baking soda untuk menghilangkan bau badan yang tidak sedap sangat efektif, salah satu bahan baking soda yaitu sodium bikarbonat dapat menghilangkan bakteri yang menghasilkan bau pada tubuh.

Bagaimana cara menggunakannya:

  1. Sediakan soda kue dan 1 jeruk nipis
  2. Potong jeruk nipis, lalu peras jeruknya
  3. Tambahkan 1 sendok teh soda kue ke dalam air jeruk nipis
    Aduk rata, lalu oleskan pada ketiak
  4. Biarkan selama kurang lebih 15 menit, lalu bilas dengan air hangat
  5. Berlatih sekali sehari

Dengan Tawas

Mengerti kah Kamu kalau tawas merupakan semacam garam ion tetap dikelilingi dengan molekul yang lazim dipakai selaku penjernih air? Tidak hanya selaku penjernih air, tawas pula mempunyai kelebihan dalam melenyapkan bau tubuh. Alum lebih nyaman dipakai dibanding deodoran yang memiliki aluminium chlorohydrate sebab aluminium chlorohydrate ialah antiperspirant. Sebab terdapat alas kalau keringat itu bagus buat kesehatan.

Metode memakai tawas buat melenyapkan bau tidak nikmat pada badan:

 

  1. Siapkan 1 sendok teh tawas dalam wadah bersih
  2. Tawas yang digerus halus
  3. Tersebar di bawah ketiak
  4. Gunakan setelah mandi

Gunakan lemon

Terbukti penggunaan jeruk nipis dapat menghilangkan bau badan dengan cepat, dan kandungan asam pada lemon membantu menghilangkan bakteri pada kulit.

Cara Penggunaan:

  1. Sediakan lemon yang sudah dibersihkan
  2. Potong lemon menjadi dua
  3. Peras lemon dan gunakan sari buah di bawah ketiak

Kunyit

Kunyit juga merupakan bahan alami yang dapat membantu mengatasi bau badan. Konsumsi kunyit secara teratur akan mempercepat menghilangkan bau tak sedap.

Bagaimana menerapkan:

  1. Sediakan 1/2 kg kunyit, 1/4 gula jawa, 1 sendok teh garam, 1/2 kg asam jawa dan air sekitar 2 liter.
  2. Parut kunyit dan peras hingga kering untuk mendapatkan jus kunyit
  3. Didihkan air yang telah disiapkan sebelumnya, perasan kunyit, gula aren, garam, dan sup asam jawa, lalu aduk rata.
  4. Dinginkan dulu, taruh di wadah bersih dan simpan di lemari es
  5. Minum sekali atau dua kali sehari

Gunakan minyak zaitun

Minyak zaitun tidak hanya dapat menambah rasa pada makanan, tetapi minyak zaitun memiliki manfaat lain, yaitu mengatasi bau tidak sedap. Minyak zaitun memiliki sifat antibakteri yang tinggi.

Bagaimana menerapkan:

  1. Sediakan minyak zaitun sesuai kebutuhan Anda
  2. Pertama rendam / bilas tubuh dengan air hangat
  3. Kemudian Anda bisa menggunakan minyak zaitun (scrubbing) pada seluruh tubuh atau hanya pada ketiak
  4. Diamkan kurang lebih 15-20 menit, lalu mandi dan cuci bersih

Gunakan kopi

Kopi biasanya dikonsumsi untuk mengurangi rasa kantuk, namun kini beberapa terapis kesehatan juga memanfaatkan kopi, salah satunya untuk menghilangkan bau badan. Kafein yang terkandung di dalamnya dipercaya dapat digunakan untuk menghilangkan masalah bau tak sedap pada kulit. Kopi juga mengandung putrescine yang dapat menambah aroma dan aroma segar.

Bagaimana cara melakukannya:

  1. Sediakan 2 sendok makan kopi murni, teh bubuk dan minyak zaitun
  2. Rebus bubuk teh hingga berwarna coklat tua (teh juga dapat digunakan sebagai agen antibakteri)
  3. Setelah teh mendidih, campur kopinya, lalu aduk rata
  4. Beri seluruh tubuh air hangat untuk membuka pori-pori
  5. Pertama olesi seluruh tubuh dengan minyak zaitun
  6. Kemudian oleskan bumbu kopi dan teh tersebut bersamaan dengan ampas obat pada seluruh tubuh (scrubbing)
  7. Biarkan selama 20-30 menit, lalu bilas
  8. Anda hanya bisa menggunakan bahan-bahan ini di area yang Anda butuhkan, seperti ketiak

Lebih aman menggunakan metode alami untuk menghilangkan bau badan, tetapi Anda juga harus memperhatikan pengetahuan medis.

Cara menghilangkan bau tak sedap melalui perawatan medis

  • Gunakan antiperspirant

Antiperspiran mengandung aluminium yang dapat berfungsi sebagai keringat. Teknik penggunaan antiperspiran terbaik adalah setelah mandi dan sebelum beraktivitas sehari-hari.

  • Kunjungi dokter

Pilihan termudah untuk mengatasi bau badan dengan pengobatan adalah dengan menemui dokter biasa, sebagian besar informasinya dapat dipercaya.

  • Pakai bedak

Manfaat bedak tabur tidak hanya efektif untuk anak kecil, tetapi juga untuk orang dari segala usia. Dengan menggunakan bedak bayi untuk anak, setidaknya keringat berlebih dan bau badan bisa berkurang. Jika Anda memiliki bau badan yang kuat, disarankan untuk menggunakan bedak antibakteri.

  • Gunakan deodoran secara teratur

Deodoran masa kini memiliki beragam bahan dan aroma, dan Anda dapat mencoba banyak pilihan lagi dan lagi. Pilih yang paling pas untuk kondisi fisik Anda. Yang pasti, kesamaan dari semua produk deodoran adalah bisa meminimalkan jumlah keringat yang keluar dari tubuh. Waktu pemakaian terbaik adalah setelah mandi dan sebelum beraktivitas.

shares